Jumat, 13 April 2012

Unjuk Kerja Konselor Profesional



Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, unjuk kerja ialah cara bekerja, perilaku, penampilan. Profesional : bersangkutan dengan profesi, memerlukan kepandaian atau keterampilan khusus untuk menjalankannya.

Konselor professional ialah profesi seseorang dalam bidang bimbingan dan konseling yang telah menempuh pendidikan profesi yang mempunyai kepandaian dan keterampilan dalam bidang bimbingan dan konseling. Konteks tugas konselor berada dalam kawasan pelayanan yang bertujuan mengembangkan potensi dan memandirikan konseli dalam pengambilan keputusan dan pilihan untuk mewujudkan kehidupan yang produktif, sejahtera, dan peduli kemaslahatan umum. Pelayanan dimaksud adalah pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor adalah pengampu pelayanan ahli bimbingan dan konseling, terutama dalam jalur pendidikan formal dan non formal. Ekspektasi kinerja konselor dalam menyelenggarakan pelayanan ahli bimbingan dan konseling senantiasa digerakkan oleh motif altruistik, sikap empatik, menghormati keragaman, serta mengutamakan kepentingan konseli, dengan selalu mencermati dampak jangka panjang dari pelayanan yang diberikan.
Sosok utuh kompetensi konselor mencakup kompetensi akademik dan profesional sebagai satu keutuhan. Kompetensi akademik merupakan landasan ilmiah dari kiat pelaksanaan pelayanan profesional bimbingan dan konseling. Kompetensi akademik merupakan landasan bagi pengembangan kompetensi profesional, yang meliputi:
1.      Memahami secara mendalam konseli yang hendak dilayani
2.      Menguasai landasan teoretik bimbingan dan konseling
3.      Menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan, dan
4.      Mengembangkan pribadi dan profesionalitas secara berkelanjutan.
Unjuk kerja konselor sangat dipengaruhi oleh kualitas penguasaan ke empat komptensi tersebut yang dilandasi oleh sikap, nilai, dan kecenderungan pribadi yang mendukung. Kompetensi akademik dan profesional konselor secara terintegrasi membangun keutuhan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.


Daftar Pustaka
Penataan Pendidikan Profesional Konselor Dan Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal (DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar